.quickedit{display:none;}

Kamis, 30 November 2017

Cara Mudah Mengelilingi Singapore Dengan Transportasi Publik

Cara Mudah Mengelilingi Singapore Dengan Transportasi Publik. Jalan-jalan mengelilingi sebuah negara adalah pengalaman yang sangat menyenangkan. Banyak cara yang dapat anda gunakan untuk mengelilingi negeri singa ini mulai dari jasa travel, mobil pribadi ataupun transportasi umum.

Jangan salah presepsi dulu karena transportasi umum di Singapura tak sama dengan Indonesia. Fasilitas yang nyaman serta kebersihan transportasi selalu dijaga dengan baik.

Negara kecil di Asia Tenggara ini memiliki transportasi publik yang mudah untuk diakses. Semua alat trasnportasinya mengedepankan keselamatan dan ketepatan waktu yang sesuai. Ini adalah salah satu alasan yang membuat wisatawan domestik maupun mancanegara ingin mengelilingi Singapore dengan mudah.

Cara Mudah Mengelilingi Singapore Dengan Transportasi Publik

Untuk mendapatkan pengalaman menarik anda tak perlu khawatir. Informasi rute dan petunjk jalan di Singapore sangat mudah dan jelas. Bahkan untuk transportasi publik seperti bus kota, MRT (Mass rapid Transit), taksi, dan LRT (Light Rail Transit). Jika kita ingin mengelilingi Singapore dan menempuh jarak jauh lebih dari 3 orang sebaiknya gunakan taksi karena biasaya akan jauh lebih murah dibanding menggunakan bus atau MRT.

>> Klik : Paket Wisata Malaysia Singapore

Namun hal yang perlu diingat untuk penumpang taksi tak boleh dari empat orang dan yang paling pentingnya juga harus memperhatikan waktu karena pada jam-jam tertentu untuk penggunaan taksi di Singapore akan dikenakan biaya tambahan.

Informasi tersebut juga dapat anda temukan pada brosur informasi dan nomor telepon taksi yang di sebar dan bisa didapatkan di Bandara Chanai Singapore dekat area pemeriksaan imigrasi pada saat kedatangan anda di Singapore. Sedangkan bagi anda yang akan menikmati liburan di destinasi wisata Singapore juga dapat menggunakan transportasi umum seperti bus, LRT, MRT dan taksi. Cara Mudah Mengelilingi Singapore Dengan Transportasi Publik.

Rute bus yang ada di Kota Singapore akan banyak ande temukan dengan mudah di setiap halte bus, sama saja dengan rute jalur MRT atau LRT. Untuk informasi tambahan bagi anda yang beru pertama kali ke Singapore MRT dan LRT merupakan dua jenis sistem transportasi publik yang berbasis rel. Transportasi jenis ini juga dapat di akses dengan mudah di seluruh kota Singapura.

Cara Mudah Mengelilingi Singapore Dengan Transportasi Publik

Sedangkan fungsi dari MRT dan LRT in berbeda. LRT difungsikan sebagai layanan feeder atau penumpang bagi MRT yang lebih banyak tersedia di area perumahan sebagai layanan transportasi  jarak dekat dan untuk mempermudah masyarakat Singapore dalam mengakses  MRT. Sedangkan LRT biasa digunakan sebagai penghubung dengan salah satu stasiun MRT dan dikenal dengan julukan kereta bawah tanah Singapore.

>> Klik juga : Paket Tour Universal Studio Singapore

Cara Mudah Mengelilingi Singapore Dengan Transportasi Publik, sebelumnya anda harus sudah membeli tiket LRT, MRT ataupun Bus. Terdapat tiga jenis e-tiket yang dapat anda gunakan untuk menjajal transportasi publik yang ada di Singapore. Ketiga jenis tiket tersebut adalah :

Cara Mudah Mengelilingi Singapore Dengan Transportasi Publik
  1. Single Card (Standart Ticket)
Single Card adalah jenis tiket yang dapat anda beli sesuai dengan jarak tempuh atau tergantung jauh dekatnya tujuan yang akan ada tempuh pada saat menggunakan MRT atau LRT. Tiket ini tidak berlaku untuk jenis transportasi bus.

Cara Mudah Mengelilingi Singapore Dengan Transportasi Publik. kita dapat memebeli tiket ini di setiap stasiun MRT. Kekurangan dari Single Card hanya dapat menggunakan satu kali pakai saja dan tidak bisa digunakan berulang kali.

Anda dapat membeli tiket sendiri ketika berkunjung ke mesin GTM (General Ticket Machine). Bila anda sudah menemukan mesinnya mulailah tentukan tujuan, jumlah tiket kemudian masukan uang sesuai perminataan mesin.

Hal yang harus diperhatian dalam pembelian tiket ini adalah petunjuk yang ada pada mesin. Karena masing-masing mesin ada yang menerima uang maksimal $10 SGD namun ada juga mesin yang menerima $3 SGD sja.

Pada langkah ini anda harus benar memperhatikan setiap harga tiket dengan deposit $1 SGD yang akan dikembalikan setelah sampai di tujuan.

>> Kunjungi : Paket Tour Legoland dari Singapore

Cara Mudah Mengelilingi Singapore Dengan Transportasi Publik
  1. Kartu EZ-Link
Bagi anda yang ingin berkeliling menggunakan LRT, MRT dan Bus dapat menggunakan kartu EZ-Link. Kartu ini memiliki fungsi sebagai alat membayar tiket MRT, LRT ataupun Bus. Kartu ini juga dapat digunakan berkli-kali serta dapat di isi ulang di stasiun MRT atau stasiun Bus. Kita dapat membeli karu EZ-Link ini dengan menunjukan pasport.

Cara Mudah Mengelilingi Singapore Dengan Transportasi Publik. Nilai minimun yang dipasang kartu ini adalah S10 SGD dan yang maksimal mencapai $100 SGD. Sisa saldo yang terdapat dalam karu EZ-Link dapat anda simpan untuk waktu jalan-jalan berikutnya di Singapore atau mengambilnya kembali.

>> Pilih paket wisata ini : Harga Paket Tour Malaysia

Cara Mudah Mengelilingi Singapore Dengan Transportasi Publik
  1. Singapore Tourist Pass (STP)
Kartu STP juga memiliki fungsi yang sama seperti kartu EZ-Link dan merupakan kartu yang tepat bagi anda yang akan melakukan perjalanan wisata Singapore antara 1 samapai 3 hari. Jika anda ingin mengelilingi Singapore dalam satu hari hanya dikenakan $8 SGD dengan menggunakan LRT, MRT ataupun Bus kemana saja.

Kartu ini juga dapat dikenakan deposit sebesar $10 SGD dan juga dapat di refund asalkan tidak lebih dari 5 hari sejak pembelian. Cara membeli STP atau Singapore Tourist Pass sama seperti membeli kartu EZ-Link yang telah di jelaskan diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar