.quickedit{display:none;}

Rabu, 28 Maret 2018

Wisata Jalan Braga Bandung

Wisata Jalan Braga Bandung – merupakan nama sebuah jalan utama yang ada di Kota Bandung, Indonesia. Nama jalan ini sebelumnya cukup dikenal mulai dari masa pemerintahan Hindia-Belanda. Hingga nama ini pun masih dipertahankan dan menjadi satu di antara maskot dan juga obyek wisata Kota Bandung yang dulunya dikenal sebagai Parijs van Java.


braga culinary night

Wisata Jalan Braga Bandung

Konsep tempat wisata Bandung yang ada di Jalan Braga ini konsepnya One Stop Holiday yang berpusat di Kota Bandung dan menjadi pusat keramaian dan juga bisnis utama di sini. Sejak awal zaman pendudukan Belanda di negara Indonesia atau pun pada zaman kolonial Jalan Braga Bandung ini sudah dijadikan menjadi jalanan protokoler di kota Bandung. Yaitu sebagai jalan yang menjadi terusan jalan utama kalau dari arah Gedung Konferensi Asia Afrika.

Pada sisi kanan kiri di sepanjang Jalan Braga Bandung ini banyak sekali kompleks pertokoan yang arsitekturnya dan juga tata kota yang masih mempertahankan ciri dari arsitektur lama pada zaman Hindia Belanda. Tata letak pertokoan yang ada di sana masih mengikuti model yang berlokasi di Eropa dan sesuai dengan perkembangan Kota Kembang di masa tersebut yaitu sekitar tahun 1920 hingga 1940-an dan menjadi kota mode yang cukup terkenal layaknya Kota Paris pada waktu itu.

Klik : Paket Tour Bandung Murah

Jalan Braga Bandung

Awalnya Jalan Braga sendiri merupakan sebuah jalan kecil yang berada di depan pemukiman yang cukup sunyi sampai dinamakan Jalan Culik karena jalan ini cukup rawan, dan juga dikenal sebagai Jalan Pedati (Pedatiweg) di tahun 1900-an. Jalan di Bandung ini jadi ramai sebab banyak usahawan apalagi yang berkebangsaan Belanda yang membangun toko-toko, bar dan juga tempat hiburan di kawasan itu satu di antaranya toko Onderling Belang.

Lalu pada dasawarsa 1920-1930-an sepanjang Jalan Braga Bandung pun muncul toko-toko dan juga butik  pakaian yang mengambil berkiblat dengan model di Kota Paris, Perancis yang pada masa itu memang menjadi kiblat pakaian di dunia. Lalu dibangun gedung Societeit Concordia yang kemudian digunakan untuk tempat pertemuan para warga Bandung khususnya kalangan tuan-tuan yang masuk kategori hartawan, Hotel Savoy Homann, gedung perkantoran dan masih banyak gedung lainnya di beberapa blokpada Jalan Braga Bandung ini meningkatkan kemasyhuran dan keramaian lokasi wisata Bandung ini.

Jalan Braga Bandung ini mengalami perkembangan sedemikian rupa menjadi tempat wisata dan menjadi muncul ekses negatif di sini. Dimulai dari munculnya tempat hiburan malam dan kawasan remang-remang dan membuat jalan ini sangat dikenal turis. Kemudian dari sini muncul istilah Kota Bandung sebagai Kota Kembang mulai dikenal banyak orang. Sampai akhirnya perhimpunan masyarakat Bandung ketika itu membuat selebaran dan juga pengumuman agar “Para Tuan-tuan Turis sebaiknya tidak mengunjungi Bandung apabila tidak membawa istri atau meninggalkan istri di rumah”.

Klik : Paket Tour Bandung Jakarta

Braga City Walk adalah Jalan Braga Bandung Terkini

Jika Anda tadinya mengenak sejarah dan juga latar belakang awal kepopuleran satu di antara jalan paling populer di Kota Bandung yang panjangnya kurang dari 700 meter ini. Sekarang kita juga tahu di sinilah lokasi yang pertama kali membuat istilah kota kembang sebagai Bandung menjadi muncul.
Jalan Braga Bandung yang dulu berbeda dengan yang sekarang.

Bedanya pada infrastruktur bangunan dan juga kehidupan masyarakat yang sekarang sudah berada di zaman modern. Persamaannya hanya pada sejarah dan tempat yang masih melekat dengan tempat ini sebagai tempatnya mode dan eksklusif bagi wisata di Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar